Tugas 5 : mengenal algoritma dalam membentuk grafik komputer


Dalam pembentukan grafik yang cepat dan efisien maka dibutuhkan algoritma yang tersendiri,seperti pembuatan lingkaran, polygon garis , DLL. dalam grafika komputer ada 3 algoritma yaitu DDA (Digital  Differential  Analyzer), Breseinhem , dan algoritma mid point.

Algoritma  Digital  Differential  Analyzer  (DDA).

Algoritma  Digital  Differential  Analyzer  (DDA)  adalah  algoritma  pembentukan  garis  berdasarkan  perhitungan  dx maupun  dy  dengan menggunakan  rumus  dy  = m.dx.  Garis  dibuat  dengan  menentukan  dua  endpoint  yaitu  titik  awal  dan  titik  akhir.  Setiap  koordinat titik yang membentuk garis diperoleh dari perhitungan kemudian dikonversikan  menjadi nilai integer.

Keuntungan  dari  algoritma  ini  adalah  tidak  perlu  menghitung  koordinat  berdasarkan  persamaan  yang  lengkap  (menggunakan  metode  offset).  Sedangkan  kerugiannya adalah adanya akumulasi Round-off errors,  sehingga garis akan melenceng  dari garis lurus, selain itu operasi round-off juga menghabiskan waktu.

[spoiler title=”rangkaian”] [/spoiler]

Algoritma  Bresenham

Algoritma  Bresenham  merupakan  algoritma  penggambaran  garis  yang  efisien  dengan menggunakan perhitungan incremental integer.   Prinsip dari algoritma Bresenham adalah :

1.  Sumbu vertikal memperlihatkan posisi scan line.

2.  Sumbu horizontal memperlihatkan kolom pixel

3.  Pada  tiap  langkah, penentuan pixel selanjutnya didasari oleh parameter  integer yang

nilainya proporsional dengan pengurangan antara vertical separations dari dua posisi  piksel dari nilai actual.

[spoiler title=”rangkaian”] [/spoiler]

Algoritma Lingkaran Midpoint

Algoritma Lingkaran Midpoint juga disebut algoritma lingkaran  Bressenham. Bressenham mengembangkan generator lingkaran yang cukup efisien. Algoritma yang digunakan membentuk semua titik berdasarkan titik pusat dengan  penambahan semua jalur sekeliling lingkaran. Algoritma ini diturunkan dari algoritma  Midpoint untuk pembentukan garis. Dalam hal ini hanya diperhatikan bagian 45’ dari  suatu lingkaran, yaitu oktan kedua dari x=0 ke x=R/?2, dan menggunakan CirclePoints  untuk menampilkan titik dari seluruh lingkaran

[spoiler title=”rangkaian”] [/spoiler]

One thought on “Tugas 5 : mengenal algoritma dalam membentuk grafik komputer

  1. Pingback: Haris Project.com – Tugas 4 : Membuat Grafik Primitive Dengan Algoritma (DDA,Bresenhem, Midpoint)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s