Menambahkan data Excel ke SQL Server Menggunakan Visual Basic.net


Menambahkan data pada excel ke sql server dengan menggunakan pemrograman visual basic .net

ceritanya gini nih., problem ini saya temukan sewaktu PKL / magang, kebetulan magangnya di Pt.Petrokimia Gresik, di suruh buat tuh pendataan asset semua departemen yang ada., waktu itu sih basic ane pake java., tapi sistem di perusahaan pakek dot.net,yahmau nggak mau pakai visual basic.net.,

karena current sistemnya masih manual., masih di ketik di ms.excel,maka di buatlah SI Asset ini., dan salah satu kendalanya adalah memasukkan data yang banyak(yang selama ini manual, kan gk mungkin tuh entri lagi satu- satu😀 ), jadi permintaan User adalah adanya fasilitas upload msexcel ke sql., import mungkin yang tepat y hehehe.,😀

ok deh langsung saje saya lihatkan skrinsut beserta kode untuk import excel pakai VB.net .,

Eksekusi tombol Upload

nahh dari gambar di atas kita hanya perlukan adalah eksekusi tombol browse > pilih file > Upload., beress.,

berikut adalah skrinsut browse ., prinsipnya cuma memanggil kotak dialog doang.,

Untitled

berikut kode untuk eksekusi tombol upload :

Untitleda

lanjutanya >>

Untitledan

Sekian , kalo kurang jelas bisa tinggalkan komentar, ato Via Fesbuk😀

8 thoughts on “Menambahkan data Excel ke SQL Server Menggunakan Visual Basic.net

  1. terima kasih atas tutorialnnya admin…
    saya sangat butuh source code buat belajar.
    kalo boleh,tolong postingkan donk source codenya…berhubung yang di atas tidak bisa di copy…
    tolong ya admin.
    terima kasih.

  2. Saya masih belajar membuat ini. Saya sdh coba ketik ulang code yg ada, tp ada beberapa variabel yg tidak dikenali, seperti a dalam conn=new oledb.oledbconnection (a.getconnectionstring)

    Saya minta tolong dong diperjelas, maklum saya newbi. Plis plis plis

Leave a Reply

