java speech API (JSAPI) Setting & configuration

hai ceman2 ¬†:p , lama nggak update ini blog (update kalo ada tugas aja ūüėÄ ).,

kali ini akan membahas tentang setting Jsapi (sapi Java., nah loh., :D), ¬†yaitu untuk keperluan speech processing / pengsua (pengolahan suara)., mengacu pada buku Sapi programmer guide yang dikeluarkan oleh SUN¬†Version 1.0‚ÄĒOctober 26, 1998 ternyata mengalami ke erroran., kenapa ?? karena belum ada librarynya -_- (hadeehh).,

begini kalo librarynya kurang >>

befo

caranya?? ada 2 macam.,

cara pertama :

1. download librarynya di sini Р9MB

2. masukkan librarynya seperti biasanya (klik kanan library pada project-add jar/folder-masukkan deh)

3. kemudian build and clean ulang.,

kalo masih nggak bisa.,

cara kedua :

  1. jalankan Jsapi.exe, next 2x
  2. Copy semua library (jsapi.jar, freetts.jar, cmu_time_awb.jar, cmu_us_kal.jar, etc.) ke folder C:\Program Files (x86)\Java\jre7\lib\ext
  3. Copy speech.properties ke folder
  • user.home : Ex>> ¬†C:\Users\haris
  • java.home/lib: Ex>>¬†C:\Program Files (x86)\Java\jre7\lib

Capture

 

Ow iya lupa ., kritik saran koment2 aja dibawah. ato via mesej fesbuk., Ok .